SOLUSI BIKIN RUANGAN KURANG CAHAYA JADI TERANG TANPA BANYAK LAMPU - ADIWIYATA 38

Hot

Kamis, 16 Januari 2020

SOLUSI BIKIN RUANGAN KURANG CAHAYA JADI TERANG TANPA BANYAK LAMPU



Hasil gambar untuk tips and trick

7 SOLUSI BIKIN RUANGAN KURANG CAHAYA JADI TERANG TANPA BANYAK LAMPU


Hi Guys membuat ruang gelap menjadi terang dapat berdampak pada kenyamanan orang di rumah. Loh, kok bisa? Iya hal ini dikarenakan terkadang ada saja hal yang membuat suasana rumah tidak nyaman untuk ditinggali, seperti ruangan di rumah yang gelap.
Ruangan gelap di rumah bisa membuat suasana suram yang membuat kamu dan anggota keluarga lain tentunya ohag untuk berlama-lama di situ kan? sehingga Ujung-ujungnya, ruangan tersebut pun jadi jarang ditempati.
Kehadiran ruangan yang gelap sendiri biasanya disebabkan oleh tidak ada atau kurangnya sinar matahari langsung.
Cara Membuat Kamar Gelap Menjadi Terang

1. Pilih Warna Dinding yang Cerah

Gambar terkait


Pergantian warna pada cat dinding bisa memberikan perubahan yang dramatis. Kamu mungkin menyukai sebuah klub sepak bola dan memutuskan untuk mengecat dinding dengan warna yang selaras dengan warna cerah jersey klub tersebut.
Sedangkan warna cerah sebenarnya lebih cocok untuk digunakan sebagai aksen karena bisa membuat ruangan menjadi terasa lebih gelap.
Mengecat ruangan menjadi warna putih akan membuat ruang gelap menjadi lebih terang. Hal ini disebabkan oleh sifat warna putih yang memantulkan cahaya. Jika warna putih terlalu membosankan, kamu bisa memilih warna lain seperti kuning pucat, mint, atau krem.

2. Membuat Ruang Gelap Menjadi Terang dengan Cermin Besar

Hasil gambar untuk cermin besar dalam ruangan
Cermin adalah salah satu solusi brilian yang bisa kamu coba untuk mengatasi ruangan yang gelap. Selain bisa digunakan untuk membuat ruangan lebih cerah, cermin juga membuat suasana ruangan terasa lebih lega.
Kamu bisa coba meletakkan cermin di dinding yang bersebrangan dengan jendela di ruangan itu. Ukuran cermin yang kamu gunakan juga tergantung oleh seberapa besar jendela. Semakin kecil jendela, maka semakin besar juga cermin yang kamu butuhkan.

3. Furnitur dengan Warna Cerah

Gambar terkait
Pemakaian furnitur berwarna kusam seperti coklat tua atau hitam bisa membuat ruangan terasa sumpek. Sementara itu, furnitur dengan warna cerah akan membuat ruang gelap menjadi lebih terang dan bersinar.
Dengan menyimpan sebuah furnitur dengan warna kuning saja dijamin suasana ruangan akan berubah total. Namun, jangan sembarangan memasukan berbagai furnitur dengan warna yang bertabrakan karena suasana ruangan akan terasa terlalu ramai.
Kuncinya adalah tetap memadukan warna-warna senada pada furnitur untuk menciptakan ruangan yang nyaman. Contohnya, kamu bisa memadukan kursi berwarna krem dengan meja berwarna biru muda.

4. Jendela Penghubung Ruangan

Gambar terkait
Salah satu penyebab ruangan gelap adalah tidak adanya jendela yang bisa memberikan cahaya matahari langsung. Jika kamu memiliki kendala ini, hal yang harus dilakukan adalah membuat jendela dalam ruangan. Namun, kamu tidak bisa memasang jendela di sembarang posisi.
Gunakan jendela untuk menghubungkan ruangan gelap dengan ruangan yang disirami cahaya matahari langsung. Dengan begitu, ruangan yang tadinya gelap akan menjadi lebih cerah.

5. Furnitur Mengilap Menambah Cahaya di Rumah

Hasil gambar untuk shiny furniture glass design
Teknik klasik yang satu ini bisa membuat rumah yang gelap menjadi terang. Sifatnya yang mengkilap bisa memantulkan berbagai warna dihadapannya.
Untuk itu, pastikan juga untuk memenuhi ruangan dengan furnitur berwarna terang. Selain itu, kombinasi permukaan mengkilap dengan aksen cahaya bisa membuat suasana ruangan menjadi lebih romantis dan memesona.
Trik yang satu ini tidak hanya mencerahkan ruangan, namu juga membuatnya menjadi lebih nyaman untuk ditinggali berlama-lama.

6. Lantai Kayu Bernuansa Terang

ruang gelap
Selain furnitur mengilat, kamu juga bisa menggunakan cara yang satu ini untuk mencerahkan ruangan yang gelap, yakni dengan memasang lantai kayu bernada terang.
Warna kayu akan memantulkan cahaya yang ada di dalam ruangan sehingga ruangan pun akan diselimuti dengan cahaya. Parquet dan vinyl adalah duap opsi lantai kayu yang bisa dicoba.

7. Menyingkirkan Pohon di Dekat Jendela

ruang gelap
Pohon ternyata bisa menjadi salah satu faktor mengapa rumahmu terasa suram. Coba cek kembali apakah jendela di rumahmu terhalang oleh pohon-pohon yang menghiasi rumah? Jika benar, segera singkirkan atau pindahkan pohon tersebut agar cahaya bisa masuk ke rumah tanpa hambatan.